Jumat, 15 November 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Lagi, "Si Jago Merah" Beraksi

Lagi, "Si Jago Merah" Beraksi

Diposting pada 18/10/2019, 14:15 WIT
Tampak petugas Damkar dibantu sebagian warga melakukan pemadaman api pada Kamis (17/10) kemarin.
Tampak petugas Damkar dibantu sebagian warga melakukan pemadaman api pada Kamis (17/10) kemarin.

Lahan di Perbatasan Dua Kelurahan Terbakar

TERNATE-Warga di perbatasan kelurahan Toboleu dan Kasturyan  digegerkan dengan aksi si jago merah, Kamis (17/10) kemarin. Kebakaran lahan di perbatasan lingkungan RT 17 kelurahan Toboleu dan RT 05 kelurahan Kasturyan ini terjadi sekitar pukul 11.30 WIT. Berdasarkan informasi warga, kebakaran lahan terjadi akibat pembakaran rumput di sekitar lokasi oleh oknum pemilik kebun yang ada disekitar. Karena disekitar lahan dipenuhi tumbuhan liar yang sudah mengering, api lantas dengan cepat membesar sehingga membakar sebagian besar lahan.

Melihat api membesar, sejumlah warga lalu terlihat panik dan langsung menghubungi petugas Dinas Pemadam dan Kebakaran (Damkar). "Awalnya ada yang membersihkan kebun mereka lalu membakar tumpukan rumput di sekitar sehingga api langsung membesar dan menimbulkan gumpalan asap tebal,"aku Lia, salah seorang warga.

Kata Lia, api sempat membesar dan melebar hingga ke sisi jembatan yang menghubungkan dua kelurahan tersebut. Tidak berselang lama, lima menit setelah terbakar, dua unit truk Damkar lalu dikerahkan ke lokasi dan melakukan pemadaman. Berdasarkan pantauan, api melebar sekitar 100 meter dari lokasi kebun milik warga. Andi selaku komendan regu Damkar mengaku jika proses pemadaman yang dilakukan berlangsung selama 15 menit. "Tidak ada kendala dalam proses pemadaman sebab lokasinya mudah dijangkau,"aku Andi.

Disebutkan, ada sekitar 15 petugas Damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api diikuti dua truk Damkar. "Kebakaran lahan ini terjadi sekitar 100 meter dengan gumpalan asap yang cukup tebal,"akunya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun peristiwa yang terjadi diharapkan menjadi peringatan sekaligus pengalaman bagi warga agar tidak melakukan pembakaran sampah maupun rumput di sembarangan tempat sehingga memicu terjadinya kebakaran.(mg-03/aji)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Dahlan Iskan