Sabtu, 14 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Banyak Masalah di PT CCEPC

Banyak Masalah di PT CCEPC

Diposting pada 24/10/2019, 15:04 WIT
ASPIRASI: Karyawan PT CCEPC saat menggelar hearing dengan DPRD Halmahera Tengah (Halteng) terkait sejumlah masalah di perusahaan, Rabu (23/10) kemarin. Salah satunya terkait ketidakjelasan status mereka di perusahaan
ASPIRASI: Karyawan PT CCEPC saat menggelar hearing dengan DPRD Halmahera Tengah (Halteng) terkait sejumlah masalah di perusahaan, Rabu (23/10) kemarin. Salah satunya terkait ketidakjelasan status mereka di perusahaan

Status Ribuan Karyawan tak Jelas

WEDA – Status ribuan karyawan PT. CCEPC salah satu perusahaan sub kontraktor PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang dipekerjakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) nasibnya tak jelas. Ini terungkap setelah karyawan menggelar hearing dengan DPRD, Rabu (23/10).

    Ketua DPRD Sementara Aswar Salim mengatakan setelah menggali informasi kepada karyawan ternyata banyak masalah terjadi di perusahaan tersebut.  Salah satunya status karyawan  tidak sesuai Undang Undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan. Dalam ketentuan UU tersebut ada pengkategorian karyawan. Yakni karyawan tetap, karyawan kontrak dan juga ada kontrak harian lepas. “Posisi tiga kategori ini, ribuan pekerja PT. CCPEC tidak masuk kategori sebagaimana perintah undang-undang tersebut. Intinya tidak ada perjanjian kerja antara perusahaan dengan karyawan sebagaimana dilakukan antara karyawan dan perusahaan,"ujar Aswar.

    Masalah lainnya adalah karyawan direkrut tanpa memasukkan lamaran pekerjaan, melainkan hanya  memasukan KTP."Ini sangat parah sekali dalam ketenagakerjaan karena pekerja tidak ada kontrak kerja, status tidak jelas, jaminan kesehatan BPJS juga tidak ada. Padahal status BPJS kesehatan itu dijamin undang-undang. Masa pekerja dibawa perusahaan sebesar IWIP tidak ada BPJS? ini sangat disayangkan,"tegas politisi Partai Golkar ini.

    Dari sejumlah masalah ini DPRD menyampaikan surat ke Disnaker agar instansi tersebut menyurat ke PT. IWIP sebagai induk dari perusahan, tebusan ke DPRD terkait masalah yang terjadi. (mpf/met)

Share
Berita Terkait

Panwascam Temukan Pemilih Ganda

05/04/2018, 12:34 WIT

18 Perusahaan Beroperasi di Halteng

28/03/2019, 12:18 WIT

WBN Siap Serap 15 Ribu Tenaga Lokal

31/08/2018, 12:40 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan