Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Sangaji Sahu dan Sultan Pimpin Mandi Safar

Sangaji Sahu dan Sultan Pimpin Mandi Safar

Diposting pada 31/10/2019, 14:27 WIT
Mandi safar
Mandi safar

JAILOLO – Sangaji Sahu Ahmad Zakir Mando dan Sri Sultan Jailolo Roseno Ahmad Abdullah Syah memimpin mandi safar yang dilakukan masyarakat Desa Lako Akediri dan Marimabati Kecamatan Jailolo, Rabu (30/10).

       Zakir yang juga Wakil Bupati Halbar ini dalam sambutannya menjelaskan makna adat secara hakiki. Dia menyebut istilah adat yang dalam pemaknaannya agar tetap dijaga dan dilestarikan masyarakat. Menurutnya, adat dalam pemaknaan secara simbol adalah etika. Dengan demikian, seluruh pihak diharapkan tetap menjunjung dan melestarikan keberadaan adat tersebut. Sementara Staf Ahli Pemkab Marcus Saleky yang mewakili bupati mengatakan keterbatasan infrastruktur bukan menjadi penghalang dalam pembangunan pariwisata di Desa Lako Akediri. Pemerintah terus berupaya mengasah kreativitas aparat pemerintah daerah dan masyarakat untuk menampilkan keunikan potensi keindahan wisata pantai yang ada di desa tersebut.

       Sementara Ketua panitia mandi safar Saiful Husen dalam laporan yang dibacakan Jardin En  mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk melestarikan adat dan budaya mandi safar yang dahulu pernah dilakukan tetapi belakangan hilang. Dengan demikian, pada momentum Hari Ulang Tahun Pantai wisata Desa Lako Akediri ke-1 ini budaya tersebut kembali dilakukan. Sementara Sri Sultan Jailolo dalam sambutannya mengapresiasi pemuda dan masyarakat dua desa atas upaya pelestarian budaya. Diharapkan, upaya baik dalam pelestarian budaya ini lebih ditingkatkan. Terlebih kepada pemerintah desa untuk saling menjalin hubungan dengan pemerintah daerah yakni dinas pariwisata agar lebih kreatif menambahkan unsur kegiatan yang lain guna menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

       Ritual mandi adat ini dimulai dari Sangaji Sahu, dan Sri Sultan menginjakkan kaki di air laut pantai dan diikuti masyarakat adat. Setelah itu, masyarakat dimandikan kedua petinggi adat itu dengan cara menyiramkan air yang diisi dalam bambu. Hadir dalam acara itu, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Angga Aldiansyah,S.IK, DanSatgas Kodim Persiapan Halbar Kapten Inf Nur Arifin, pimpinan SKPD, Camat Sahu, Danramil Jailolo di wakili Pelda Syarif S, Danramil Sahu di wakili Pelda Nurdin Kader, Kapolsek Jailolo IPTU La Badau, dan Kapolsek Sahu IPDA A Kahfi. (met)

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan