Sabtu, 14 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Pimpinan DPRD Fokus APBD 2020

Pimpinan DPRD Fokus APBD 2020

Diposting pada 05/11/2019, 14:39 WIT
PELANTIKAN : Ketua DPRD Charles R Gustan saat menerima Palu Sidang dari Ketua DPRD Sementara  Judid Sikawi, Senin (4/11.
PELANTIKAN : Ketua DPRD Charles R Gustan saat menerima Palu Sidang dari Ketua DPRD Sementara Judid Sikawi, Senin (4/11.

Robinson: Kami Upayakan Pengesahan Tepat Waktu

Editor : Muhammad Nur husen

Peliput : Samsudin Calil

JAILOLO – Kepala Pengadilan Negeri (PN) Ternate resmi melantik tiga pimpinan DPRD Halmahera Barat (Halbar) periode 2019-2024 di ruang paripurna DPRD, Senin (4/11). Tiga pimpinan itu masing-masing Ketua DPRD Charles R Gustan dari PDI Perjuangan, Wakil Ketua I Robinson Missy Partai Golkar dan Wakil Ketua II Iksan Husain dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  

       Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Abdul Gani Kasuba. Bupati saat membacakan sambutan gubernur mengatakan pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara Pemerintah Daerah dan DPRD melalui mekanisme konsultasi. Hal ini selaras dengan prinsip dasar dalam hubungan kerja antara Kepala Daerah dan DPRD, yaitu kebijakan mengenai uang, orang, barang dan tata ruang harus dibicarakan antara Kepala Daerah dengan DPRD sebagai wakil rakyat. Tugas menjadi jembatan penghubung tersebut tidak sulit bagi pimpinan DPRD, karena antara Pemda dan DPRD sesungguhnya memiliki visi yang satu dan sama dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Halmahera Barat.”Saya menaruh harapan besar bahwa DPRD periode 2019-2024, akan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara proporsional dan akan mampu tampil sebagai penyeimbang dan sekaligus sebagai penyemangat kinerja eksekutif,”ucapnya.

       Dalam semangat kemitraan yang produktif, kedua lembaga ini selama lima tahun ke depan akan bergerak dalam suatu dinamika yang konstruktif yang bermuara pada terciptanya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Danny mengatakan hal penting dan juga mendesak yang harus diselesaikan adalah mengenai APBD tahun 2020. Saat ini sudah berada di penghujung tahun 2019, untuk itu dalam sisa waktu kurang dari 2 bulan ini, DPRD bersama pemkab harus bekerja keras dan berpacu untuk mengejar sisa waktu yang ada menuntaskan Perda APBD 2020. Sebab APBD ini memiliki batas waktu yang telah ditentukan.” Untuk itu, saya berharap adanya koordinasi dan kerja sama yang baik, sehingga proses pembahasan APBD tahun 2020 bisa rampung dan dapat disahkan sebelum batas waktu yang telah ditentukan,”katanya.

       Terpisah Wakil Ketua DPRD Robinson Missy mengatakan usai pelantikan saat ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah menyusun draf dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2020, sehingga DPRD tinggal menunggu dokumen KUA-PPAS yang nantinya diajukan oleh TAPD.”Kita akan mendorong TAPD untuk sama sama membahas KUA-PPAS, sehingga APBD 2020, bisa disahkan tepat waktu sesuai ketentuan yang telah ditetapkan,”pungkasnya. (din/met)

 

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan