Jumat, 06 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Palang Jalan ke TPA, Sampah Kepung Tobelo

Palang Jalan ke TPA, Sampah Kepung Tobelo

Diposting pada 06/11/2019, 14:36 WIT
Ilustrasi Sampah. (Ggl)
Ilustrasi Sampah. (Ggl)

TOBELO – Dalam tiga hari terakhir, sejumlah lokasi dalam Kota Tobelo dikepung sampah, hal itu disebabkan karena petugas Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), tidak lagi mengangkut sampah untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Amatan Koran ini, Selasa (5/11/2019). Disejumlah titik terlihat tumpukan sampah berserakan, bahkan hingga ke badan jalan. Awaludin (38), Salah satu warga kecamatan Tobelo,  mengaku heran dengan sampah yang menumpuk itu. “Biasanya sehari sampah diletakkan di bibir jalan atau di bak penampungan, maka keesokan harinya petugas  kebersihan sudah datang dan memindahkan sampah tersebut, namun beberapa hari belakang, petugas tidak lagi tampak, akibatnya sampah menumpuk,” ujar Awaludin.

Terpisah, Samud Taha, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halut saat  dikonfirmasi mengakui, bahwa petugas kebersihan sudah tiga hari tidak lagi melakukan aktivitas pengangkutan sampah di wilayah Tobelo.

Hal itu disebabkan karena akses jalan satu-satunya menuju ke TPA yang terletak di Desa Gosoma sengaja di palang oleh pemilik lahan.  "Ada warga pemilik lahan melakukan pemalangan jalan. Sehingga mobil truk pengangkut sampah tidak bisa melintas. “Akibat dari palang jalan ini, kendaraan operasional sampah tidak bekerja selama tiga hari. Itu alasannya kenapa tumpukan sampah di wilayah Tobelo makin menggunung,"jelasnya.

Samud melanjutkan, pihaknya saat ini telah melakukan pendekatan dengan pemilik lahan. "Mereka sampaikan bahwa tidak ada sosialisasi dari Pemerintah Desa maupun Daerah terkait dengan pembangunan TPA dan juga akses menuju Lokasi TPA. Tiba-tiba saja lahan mereka di gusur dan di janjikan akan dilakukan pembebasan lahan. Tapi sampai saat ini tidak di realisasikan,"terangnya.

Meski demikian, pihaknya telah berupaya untuk memediasi agar jalan dibuka demi aktivitas pembuangan sampah bias dioperasikan.(cr-04/Lid)

Share
Berita Terkait

TKA Tiongkok Kuasai Malut

26/01/2019, 15:24 WIT

Oknum Anggota DPRD Halut Pesta Miras

06/02/2018, 15:55 WIT

Tutup Tambang Roko

07/02/2018, 13:57 WIT

Ketua KPU Halut Nyaris Dipukul Napi

18/04/2019, 13:16 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan