Jumat, 15 November 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Pekan Depan Pelantikan Kades

Pekan Depan Pelantikan Kades

Diposting pada 07/11/2019, 14:29 WIT
KUNJUNGAN: Wali Kota dan rombongan saat meninjau berlangsungnya pilkades belum lama ini.
KUNJUNGAN: Wali Kota dan rombongan saat meninjau berlangsungnya pilkades belum lama ini.

TIDORE - Jika tak ada aral melintang, 23 kepala desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 27 Oktober lalu bakal dilantik pekan depan. Meski saat ini terdapat protes dari beberapa desa yang tidak terima dengan hasil Pilkades. Saat ini, hasil pilkades telah disampaikan badan permusyawaratan desa (BPD) masing-masing desa ke Wali Kota Capt. Ali Ibrahim.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Selvia M. Nur, mengatakan bahwa sesuai dengan petunjuk teknis, pilkades ini sudah final, meski ada beberapa desa yang melayangkan protes lantaran tak terima dengan hasil pilkades. Desa melayangkan protes ini diantaranya Desa Selamalofo, Desa Akekolano, dan beberapa desa lainnya. Namun, kata Selvia, protes itu harusnya ke panitia pilkades dan tim pengawas kecamatan. Setelah itu baru ke DPMD.

Menurutnya, dalam pelaksanaan Pilkades berjalan aman, namun setelah pemilihan, barulah ada protes menyangkut dengan daftar pemilih tetap (DPT) dari tempat lain. Harusnya, kata dia, protes ini dilakukan sebelum pemilihan. Karena waktu tahapan diberikan waktu selama enam hari dari panitia. "Namun tidak ada yg komplain, nanti sudah selesai barulah ada yang komplain. Ini nanti internal camat dengan panitia pilkades yang menyelesaikan di tingkat kecamatan," tuturnya, saat ditemui, kemarin (5/11).

Dikatakannya, sesuai arahan dari Wali Kota maupun Wakil Wali Kota, agar pelantikan kades dilakukan secepatnya. "Paling lambat minggu pertama, namun keduanya masih ada agenda diluar sehingga kita jadwalkan minggu kedua November ini. Saat ini kita sudah siap, desa juga sudah siapkan baju pelantikan. Tinggal menunggu keduanya saja," terangnya. (cr-03/lex)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Dahlan Iskan