Kamis, 12 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Hak Tiga Karyawan Tidak Dibayar

Hak Tiga Karyawan Tidak Dibayar

Diposting pada 12/11/2019, 14:27 WIT
PROTES : Sejumlah massa yang mengatasnamakan FPJMP-MU saat menggelar aksi di depan Jatiland Mall
PROTES : Sejumlah massa yang mengatasnamakan FPJMP-MU saat menggelar aksi di depan Jatiland Mall

FPJMP-MU Demo Multimart

TERNATE- Front Perjuangan Jaringan Muda Pekerja Maluku Utara (FPJMP-MU) menggelar di depan Multimart, Senin (11/11). Dalam aksi itu mereka menuntut manajemen Multimart membayar seluruh hak-hak tiga karyawan yang telah di PHK (pemutusan hubungan kerja). Tiga karyawan itu adalah   
Mulhaimin, Asrizal dan Susanto.

“ Kami meminta agar pesangon, upah hak cuti hingga uang lembur yang menjadi kesepakatan bersama pihak manajemen Multimart bersama ketiganya dibayar.

Sesuai kontrak, masa kerja mereka yakni 1,2 tahun dan sudah selesai tapi hak-hak mereka tidak dibayar," koar koordinator aksi, M. Fitrah, dalam orasinya.

Menurut Fitrah, upah yang tidak dibayar pihak manajemen Multimart tanpa alasan yang jelas. Karena itu, pihaknya meminta agar manajemen bertanggungjawab dan segera membayar hak-hak ketiga rekan mereka.

Meski menggelar aksi, sayangnya tuntutan mereka tidak mendapat respons pihak manajemen.

Human Resource Departement (HRD) Multimart Fauzia Akuba selaku, yang hendak ditemui wartawan untuk dimintai tanggapan, sudah lebih dulu meninggalkan kantor. Sejumlah karyawan yang sempat disambangi wartawan pun mengaku kalau Fauzia sudah meninggalkan kantor "Sudah pulang, nomor hp juga kami tidak tahu," ungkap sejumlah karyawan. Setelah melakukan orasi sekitar satu jam di depan Multimart, massa lalu melanjutkan aksi di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Ternate. Kedatangan massa aksi ini diterima langsung Kepala Disnaker Jusuf Sunya. Setelah mendengar tuntutan massa, Jusuf berjanji segera melayangkan panggilan terhadap manajemen Multimart, guna dimintai klarifikasi terkait masalah tersebut.

" PHK itu ada aturannya, begitu juga pemenuhan hak pekerja, makanya dalam waktu dekat kami akan memanggil manajemen mereka untuk meminta klarifikasi," janji Jusuf di hadapan massa aksi. Setelah mendengar janji Jusuf, massa lalu membubarkan diri dengan tertib.(mg-03/aji)

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan