Sabtu, 07 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Pemeriksaan DD Pateng Berkahir Ricuh

Pemeriksaan DD Pateng Berkahir Ricuh

Diposting pada 13/11/2019, 14:25 WIT
RICUH : Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  yang terjatuh akibat diseret Kades Kader H. Hasyim saat pemeriksaan dana Desa oleh tim  Inspektorat, Selasa (12/11) Kemarin.
RICUH : Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terjatuh akibat diseret Kades Kader H. Hasyim saat pemeriksaan dana Desa oleh tim Inspektorat, Selasa (12/11) Kemarin.

Korban Laporkan Kades ke Polisi

Editor : Muhammad Nur Husen

Peliput : Samsudin Chalil

JAILOLO – Pemeriksaan Dana Desa (DD) Payo Tengah (Pateng) Kecamatan Jailolo oleh Inspektorat Pemkab Halmahera Barat, Selasa (12/11) berakhir ricuh. Ini karena saat tim pemeriksa yang dipimpin Inspektur Pembantu (Irban) Inspektorat Wilayah IV yang membawahi Kecamatan Jailolo Rhama K Radjim memeriksa Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Yamin Yoisangaji di kantor Desa Pateng, tiba-tiba Kepala Desa Pateng Kader H. Hasyim datang dan mencekik leher Yamin yang hendak dimintai keterangan.

       Selain mencekik, kades juga menyeret Ketua BPD hingga terjatuh ke lantai. Tak sampai disitu, setelah menyeret Ketua BPD, kades juga langsung berlari keluar kantor desa dan mencari warga yang membuat laporan ke Inspektorat. Di depan kantor desa, kades kembali membuat ulah dan memukul Ilyas Muda yang juga sebagai pelapor. Kades menganiaya Ilyas hingga terdapat luka gores di bagian tangan dan kaki.”Kasus penganiayaan ini langsung dilaporkan ke Polres untuk diproses sesuai ketentuan yang berlaku,”kata Ilyas kepada wartawan, Selasa (12/11).

       Sementara Irban Inspektorat Wilayah IV Rhama K. Radjim menambahkan, kehadirannya di Desa Pateng adalah menindaklanjuti laporan masyarakat tentang penyalahgunaan dana desa (DD) 2017-2018. Namun pemeriksaan masih sementara berlanjut sudah terjadi keributan antara kades, BPD dan warga.”Kami datang bukan membuat keributan, jadi masalah dugaan penyalahgunaan DD itu, kami serahkan ke pelapor untuk ditindaklanjuti ke ranah hukum,”katanya.

    Rhama menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan baru sebatas permintaan keterangan untuk dimasukkan dalam Berita Aacara Pemeriksaan (BAP). Pemeriksaan belum masuk pada substansi karena sudah terjadi keributan.”Jadi pemeriksaan belum tuntas, sudah kacau, maka kita kembalikan ke pelapor jika melanjutkan laporannya ke ranah hukum,”ujarnya. (din/met)

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan