Kamis, 12 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Tolak Reklamasi, Aksi Gamhas Memanas

Tolak Reklamasi, Aksi Gamhas Memanas

Diposting pada 19/11/2019, 14:14 WIT
AKSI:Puluhan massa aksi Gamhas saat menggelar aksi depan kantor walikota Ternate, Senin (18/11).
AKSI:Puluhan massa aksi Gamhas saat menggelar aksi depan kantor walikota Ternate, Senin (18/11).

TERNATE-Proyek reklamasi di pesisir pantai Kalumata, Kayu Merah, Salero hingga Dufa-Dufa menuai reaksi mahasiswa. Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (GAMHAS) melakukan aksi demonstrasi di depan kantor walikota.

Puluhan massa aksi yang berjalan kaki dari arah utara, dilengkapi atribut spanduk berisi penolakan reklamasi. Dalam aksinya, massa menuntut agar rencana reklamasi dari Pemkot Ternate dihentikan. Sebab menurut massa aksi, reklamasi yang nantinya dilakukan berdampak negatif terhadap kerusakan biota dan ekosistem di laut. "Kalau rusak, sudah tentu ikut berdampak pendapatan masyarakat nelayan,"teriak Marwan U. Husein, Koorlap aksi dalam orasinya. Aksi sempat memanas ketika massa berupaya menerobos pintu pagar areal kantor walikota yang dijaga ketat, puluhan petugas Satpol PP. Disini, sempat terjadi adu mulut hingga aksi saling kejar-kejaran antara puluhan massa aksi bersama petugas Satpol.

Melihat ini, asisten I Muhdar Din lalu menmyempatkan waktu untuk bertemu langsung massa aksi dan menggelar hearing terbuka di halaman kantor walikota. Massa meminta sikap tegas DPRD untuk mendesak agar izin reklamasi bisa dicabut. "Apabila aksi ini tidak diindahkan, maka kami akan menggelar aksi lanjutan dengan jumlah massa yang lebih besar lagi,"teriak Marwan. Mendengar tuntutan massa aksi, Muhdar lantas berjanji untuk menyampaikan sikap mahasiswa ke walikota Burhan Abdurrahman. "Semua tuntutan akan disampaikan ke walikota,"mendengar pernyataan janji dari Muhdar, massa lalu membubarkan diri dengan tertib.(mg-03/aji)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan