Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Serikat Pekerja dan Presdir PTNHM Tatap Muka

Serikat Pekerja dan Presdir PTNHM Tatap Muka

Diposting pada 19/11/2019, 14:30 WIT
 KOMPAK: Tatap muka serikat pekerja PTNHM bersama pihak manajemen
KOMPAK: Tatap muka serikat pekerja PTNHM bersama pihak manajemen

TOBELO - Rencana mogok kerja karyawan PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) ditangguhkan sementara. Penangguhan yang diberikan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Halut dikeluarkan setelah melihat berbagai pertimbangan. Selain penangguhan, Disnaker juga ikut memberikan ketegasan ke pihak manajemen PTNHM untuk tidak mengembalikan tiga petinggi yang ditolak serikat pekerja. "Mogok ditangguhkan selama tujuh hari dan tiga petinggi PTNHM yang merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) ini belum bisa masuk ke site Gosowong," kata Ketua PK FPE KSBSI, Iswan Marus, Minggu (17/11) kemarin.

Sebab, lanjut Iswan, seluruh karyawan PT NHM tidak menghendaki Phil Hopkins dan Nick Saunder untuk kembali lagi site Gosowong karena telah melanggar peraturan ketenagakerjaan yang diatur dalam undang-undang 13 tahun 2003. Dia juga menambahkan, berdasarkan surat pemberitahuan rencana mogok kerja yang dilayangkan ke pihak manajemen PTNHM, dinilai tidak sah. Meski demikian, pihaknya lantas memilih untuk tidak meresponS larangan dari manajemen PTNHM. "Kami tidak akan menanggapi karena ada pihak yang lebih berwenang untuk menyatakan sah dan tidaknya aksi mogok yang nantinya kami gelar," katanya.

Berkaitan dengan surat yang dikeluarkan Disnaker kabupaten Halut perihal penangguhan mogok kerja yang bersifat himbauan, akan diikuti pihaknya. Namun sambung Iswan, pihaknya secara tegas mengingatkan ke manajemen agar tidak lagi mengembalikan tiga pimpinan PTMHM tersebut.

Ini, sambung Iswan, mengacu pada hasil pemeriksaan Disnaker yang menyatakan kalau ketiganya terbukti melanggar norma ketenagakerjaan di Indonesia serta ikut membuat kebijakan yang menimbulkan keresahan dan kegaduhan di lingkungan kerja PTNHM. "Makanya sudah selayaknya mereka dikeluarkan dari PT.NHM dan selama waktu penangguhan mogok kerja dipergunakan, kami gunakan untuk perundingan status Philip Hopkins dan Nicholas Saunder," ujarnya.

Dia juga mengaku hasil perundingan informal serikat pekerja bersama Presiden Direktur (Presdir) PTNHM, Anang Rizkani Noor telah menyepakati, tiga TKA yang merupakan petinggi tersebut tidak lagi bisa bekerja dan berada di Gosowong. Pertemuan kemarin ikut melibatkan pengurus SPSI dan SBSI PTNHM, Presdir, Anang Rizkani Noor dan Kepala tehnik tambang, Amirudin Hasyim, Acting Deputy, Okto serta Perwakilan Newcrest Natalie Preston, Adams dan DPP SPKEP SPSI Pusat.

External Communications PTNHM, Ramdani Sirait mengatakan, pertemuan manajemen dan karyawan dipimpin Presdir, Anang R. Noor berlangsung baik. “Ini karena manajemen tidak hanya memberikan penjelasan seputar situasi terakhir perusahaan, tetapi juga menjawab pertanyaan-pertanyaan karyawan mengenai hal-hal yang meresahkan karyawan selama ini," pungkasnya.(cr-04/aji)

Share
Berita Terkait

80 Pemilih Coblos Dua SS

18/04/2019, 13:29 WIT

Calon Pengantin Gantung Diri

21/01/2019, 12:03 WIT

PT Antam Tinjau Kembali Hasil Tes

28/04/2018, 13:27 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan