Minggu, 08 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Warga Capalulu Desak DPRD Copot Kades

Warga Capalulu Desak DPRD Copot Kades

Diposting pada 27/11/2019, 14:27 WIT
HEARING: Warga Capalulu saat ikut hearing dengan Komisi I yang dipimpin Ketua Komisi I,  M. Natsir Sangaji. (Ikram/Mp)
HEARING: Warga Capalulu saat ikut hearing dengan Komisi I yang dipimpin Ketua Komisi I, M. Natsir Sangaji. (Ikram/Mp)

SANANA - Gelombang protes terhadap Kepala Desa (Kades) Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) M. Ali Umsangaji, terus berlanjut.

Setelah sebelumnya Ali diadukan ke Polres Kepsul, kini masyarakat Capalulu kembali mendatangi kantor DPRD guna meminta ketegasan agar kades dicopot dari jabatannya.

Menurut warga yang melaksanakan aksi di depan kantor DPRD, selama melaksanakan tugas, M Ali hanya sekali menggelar rapat dengan masyarakat terkait program Desa. Selanjutnya, seluruh program Desa yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), tidak pernah di musyawarahkan dengan masyarakat. "Untuk itu, kami berharap kepada DPRD agar mendengar aspirasi kita dengan segera mengusut seluruh DD yang ada di Capalulu, "kata sejumlah warga di gedung DPRD, kemarin (26/11/2019).

Aksi warga yang dilakukan di depan kantor DPRD itu lalu diterima Ketua Komisi I, M. Natsir Sangaji. dalam pertemuan antara masa pendemo dengan ketua Komisi I,  salah satu tuntutan masyarakat yang paling banyak disuarakan yaitu menonaktifkan M. Ali dari jabatannya sebagai Kades. "Tapi soal menonaktifkan itu Komisi I belum bisa ambil langkah karena kita harus koordinasi juga dengan Pemerintahan, "ujarnya.

Natsir bilang, langkah tersebut diambil karena sambil menunggu audit yang dilakukan oleh Inspektorat. Menurutnya, masalah yang terjadi di beberapa desa juga harus segera diselesaikan sehingga tidak menjadi konflik. "Karena ini terkait anggaran sehingga kita menyurat dulu ke Inspektorat untuk audit dulu, "ujarnya. (ikh/Lid)

 

Share
Berita Terkait

Tiga Pejabat Dicopot

22/02/2018, 11:59 WIT

Prabowo-Sandi Unggul di Lapas Sanana

18/04/2019, 12:56 WIT

Ayah Hamili Anak Kandung

28/11/2018, 12:32 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan