Jumat, 06 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / KSOP Soft Launching Aplikasi Inaportnet

KSOP Soft Launching Aplikasi Inaportnet

Diposting pada 27/11/2019, 14:16 WIT
FT; Pejabat KSOP dan peserta kegiatan launching saat foto bersama usai kegiatan launching Inaportnet di Hotel Boulevard Ternate, Selasa (26/11)
FT; Pejabat KSOP dan peserta kegiatan launching saat foto bersama usai kegiatan launching Inaportnet di Hotel Boulevard Ternate, Selasa (26/11)

Mempermudah Sistem Pelayanan di Pelabuhan

TERNATE- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate melakukan Soft launching aplikasi Inaportnet tahun 2019 di Hotel Boulevard Ternate, Selasa (26/11). Aplikasi ini dibikin untuk mempermudah sistem pelayanan di pelabuhan.Kepala KSOP Ternate, Taher Laitupa menuturkan setelah dialuncingnya aplikasi Inaportnet, segala pengurusan di pelabuhan tidak perlu datang dan berhadapan dengan tiap instansi terkait, melainkan bisa dilakukan secara online. “Intinya, aplikasi ini mempermudah pelayanan,” ujarnya.  

Dia minta kepada stakeholder yang ada di pelabuhan, terutama PT. Pelindo agar lebih sering mendorong program karena sistem ini penerapannya secara nasional. "Harapannya, pentinynya koordinasi yang baik agar mempermudah pelayanan yang ada di pelabuhan," pintanya. Pelaksanaan sistem ini sebelumnya telah dirapatkan. Kemudian dilanjutkan dengan Training of Trainer (TOT) dan soft launching. Setelahnya disusul go publik secara nasional di seluruh Indonesia. “Dengan adanya aplikasi ini semua sudah terkoneksi dengan kantor pusat, baik dari kegiatan bongkar muat dan kapal semua sudah terdata. Jika nanti ada kendala jaringan, KSOP tetap membuka layanan secara manual,” terangnya.

Perwakilan PT Pelindo, Yanlagonda menyatakan mendukung penuh penerapan aplikasi Inaportnet. “Kami dukung penuh KSOP dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," tandasnya.

Dia mengaku, untuk mendukung adanya sistem online ini PT Pelindo sudah mengikuti Diklat yang dilakukan KSOP. Dari sisi pelabuhan, kata dia, Pelindo sudah berupaya secara maksimal sehingga kontainer Kren juga sampai saat ini tidak mengalami kendala. “Percepatan bongkar muat di pelabuhan lebih cepat,” ujarnya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah Ilva, Arham Abas juga mengapresiasi sistem yang berbasis digital tersebut. Sistem ini merupakan upaya untuk menyongsong 4.0 yang mengharuskan semua kalangan agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. “Inaportnet ini sebagai satu upaya untuk memudahkan distribusi arus logistik yang terkoneksi dalam satu sistem,” imbuhnya.

"Saya selalu sampaikan ke teman-teman Ilva bahwa kita harus menyesuaikan dengan era digital sehingga sebelumnya kegiatan pemindahan barang dan aktivitas lain secara manual. Tapi sekarang tidak lagi," ucapnya seraya mengatakan sistem ini tidak mempengaruhi dengan pengurangan tenaga kerja tapi ini justru mempermudah.

Kepala TKBM Ternate, Atta Barcham menuturkan TKBM selalu berupaya memberikan layanan terbaik agar kebutuhan masyarakat terpenuhi. (tr-02/jfr)

Share
Berita Terkait

Tiket Mahal, Penumpang Pesawat Turun

16/04/2019, 12:33 WIT

Ultah ke-56, Taspen Cegah Stunting

12/04/2019, 08:58 WIT

Basuki: Jangan Ambil Kerang

18/04/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan