Minggu, 15 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Kikis Stigma Negatif terhadap Sahabat ODHIV

Kikis Stigma Negatif terhadap Sahabat ODHIV

Diposting pada 02/12/2019, 14:45 WIT
TALKSHOW: Kepala Balai Rehabilitasi Sosial ODHIV bersama dengan narasumber lainnya dalam acara talkshow, Minggu (1/12). BRS ODHA FOR MALUT POST
TALKSHOW: Kepala Balai Rehabilitasi Sosial ODHIV bersama dengan narasumber lainnya dalam acara talkshow, Minggu (1/12). BRS ODHA FOR MALUT POST

TERNATE – Memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS) 2019, Balai Rehabilitasi Sosial Orang dengan HIV (BRSODHIV) Wasana Bahagia Ternate menggelar talkshow dengan tema “Bersama Masyarakat Meraih Sukses”, Minggu (1/12). Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Orang dengan HIV  Wasana Bahagia Ternate, Udan Suheli mengungkapkan, salah satu masalah terbesar yang dialami oleh sahabat ODHA adalah tingginya stigma negatif kepada mereka. Stigma tersebut dapat berasal dari masyarakat, lingkungan sekolah, tempat kerja bahkan keluarga ODHIV sendiri. “Ini adalah momentum untuk menguatkan kembali komitmen dan kepemilikan semua pihak dalam pengendalian HIV/AIDS dan menjadi perhatian utama di semua sektor. Selain itu, sebagai penyebaran informasi tentang HIV/AIDS kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian untuk mencegah penularan HIV/AIDS,” ungkapnya.

Sebagai pimpinan dari Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial Republik Indonesia, Udan mengaku kegiatan tersebut juga sekaligus sosialisasi tentang keberadaan balai yang menangani untuk rehabilitasi sosial bagi penyandang HIV/AIDS. “Untuk itu sejak mulai berdiri pada tahun 2017 BRSODHIV Wasana Bahagia Ternate telah meluncurkan berbagai jenis layanan untuk menjawab permasalahan sosial yang dialami oleh ODHA maupun keluarganya,” kata Udan.

Adapun program tersebut adalah /time bound shelter, komunikasi, informasi dan edukasi, layanan kegawatdaruratan (TRC), community based care, layanan rehabilitasi sosial berbasis LKS dan masyarakat (Kemandirian) dan layanan rumah singgah. “Diharapkan dapat memacu peran serta masyarakat dalam mengikis stigma negatif terhadap sahabat ODHA,” pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri 500 orang yang terdiri dari elemen pelajar SMP/sederajat, SMA/sederajat, tokoh masyarakat, konselor, petugas kesehatan, dan stakeholder penanganan hiv di Kota Ternate. Rangkaian acara Peringatan HAS ini dimulai pada pukul 06.30 WIT yang diawali dengan tarian soya-soya, talkshow yang menghadirkan narasumber dari BRS ODHIV Wasana Bahagia Ternate, Praktisi Kesehatan, Lembaga Kesejahteraan Sosial ODHA Makududara Ternate, testimoni, stand up comedy, pembagian door prize dan ramah tamah.(mg-05/adv/onk)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan