Minggu, 15 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / Gunakan Bahasa Ternate, M. Yamin Tawari Bangun Silaturrahmi

Gunakan Bahasa Ternate, M. Yamin Tawari Bangun Silaturrahmi

Diposting pada 02/12/2019, 14:50 WIT
 SILATURAHMI: Calon Wali Kota Ternate Muhammad Yamin Tawari bersama sebagian peserta silaturahmi yang dikemas dalam bentuk baronda kampung /TIM YT FOR MALUT POST
SILATURAHMI: Calon Wali Kota Ternate Muhammad Yamin Tawari bersama sebagian peserta silaturahmi yang dikemas dalam bentuk baronda kampung /TIM YT FOR MALUT POST

TERNATE - Calon Wali Kota Ternate Muhammad Yamin Tawari melakukan baronda kampong untuk melakukan silaturahmi di tiga titik kelurahan Kota Ternate. Silaturahmi tiga titik dilaksanakan di Kelurahan Tafure di Kecamatan Kota Ternate Utara, Jambula di Pulau Ternate, dan Soa di Kota Ternate Tengah.

Dalam silaturahmi tersebut, Muhammad Yamin Tawari yang akrab disapa Bang Yamin menyampaikan gagasan-gagasan dan alasannya maju sebagai calon Wali Kota Ternate periode 2020-2025 dengan menggunakan Bahasa Ternate dengan lancar.

Menurut Bang Yamin, sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat se atorang, maka Kota Ternate harus tetap mempertahankan nilai-nilai lokal adat se atorang di tengah dunia yang sedang berubah. “Karena nilai-nilai kearifan tersebut adalah warisan leluhur yang adiluhung sehingga ia menjadi perekat sosial dalam kehidupan masyarakat,” ungkap Bang Yamin dengan Bahasa Ternate yang sangat fasih.

Alasan menggunakan Bahasa Ternate dalam pertemuan informal tersebut adalah untuk memudahkan masyarakat Kota Ternate sehingga dapat memahami dengan jelas dan jernih apa yang disampaikan. Apalagi disertai dengan beberapa dola bololo yang disampaikan membuat peserta tertarik. Salah satu dola bololo yang disentil Bang Yamin Tawari adalah adat matoto agama, seagama matoto kitabullah yang artinya adat bersumber dari agama dan agama bersumber dari kitabullah.

Tak hanya dola bololo, Bang Yamin juga secara gamblang menjelaskan falsafah Jou Se Ngofangare. Menurutnya, Jou Se Ngofangare adalah falsafah Moloku Kie Raha yang secara etimologi berasal dari Bahasa Ternate, bersifat metafisis yang mempertanyakan tentang adanya yang pertama sebagai sebab bagi asal-usul kejadian alam semesta dan kejadian manusia Toma Ua Hang Moju, Toma Limau Gapi Ma Tubu, Koga Idadi Sosira. Penjelasan Bang Yamin membuat peserta terpukau.

Silaturahmi yang dikemas secara informal tersebut juga memungkinkan terjadinya dialog yang interaktif dan komunikatif menggunakan Bahasa Ternate.  

Penguasaan bahasa Ternate menandakan bahwa Bang Yamin Tawari memiliki kepedulian pada Kota Ternate. Apalagi ia sendiri besar dan tumbuh di Pulau Hiri yang menjadi salah satu kecamatan di Kota Ternate.(adv/kai)

 

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan