Minggu, 15 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / MA Tolak Gugatan Bupati Halteng

MA Tolak Gugatan Bupati Halteng

Diposting pada 03/12/2019, 14:00 WIT
 Edi Langkara
Edi Langkara

SOFIFI – Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan gugatan Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara terkait tapal batas Kabupaten Halteng dan Halmahera Timur. Penentuan tapal batas tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2018 tentang Batas Wilayah Haltim-Halteng. Desa Sakam di Kecamatan Patani Timur (Halteng) dan Desa Bicoli di Kecamatan Maba Selatan (Haltim) merupakan dua desa yang terletak di perbatasan dua kabupaten tersebut.

Gubernur Maluku Utara melalui Kepala Bagian Pengelolaan Perbatasan dan Penataan Kawasan Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Malut, Aldhy Ali mengungkapkan, penolakan MA atas gugatan tersebut sebagaimana surat pemberitahuan dari Mendagri kepada Gubernur Abdul Gani Kasuba terkait hasil putusan dari gugatan Bupati Edi. “Bahwa Mahkamah Agung telah memutuskan untuk menolak permohonan atas gugatan dengan nomor register 71P/HUM/2019," katanya, Senin (2/12).
Atas putusan itu, Gubernur pun mengimbau Bupati Halteng maupun Bupati Haltim Muhdin Ma’bud agar tunduk dan patuh terhadap keputusan MA. Kedua Bupati juga diminta melakukan sosialisasi dan penyesuaian batas wilayah, baik kecamatan maupun desa, termasuk tata ruang kedua wilayah berdasarkan isi dari Permendagri 84/2019.

Sebelumnya, Bupati Edi mengajukan gugatan untuk menguji Permendagri 84/2018 tentang Batas Wilayah Halteng dan Haltim yang dianggap merugikan Pemerintah Kabupaten Halteng.

Sementara Kabag Pemerintahan Halteng Sofyan Abd Gafur yang dikonfirmasi terpisah soal putusan MA menyatakan belum bisa banyak berkomentar. Pasalnya, informasi terkait putusan maupun salinannya belum diterima Pemkab Halteng secara resmi. “Kami belum dapat informasi jadi belum bisa komentar,” katanya singkat saat dihubungi kemarin.(cr-01/mpf/kai)

 

 

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan