Senin, 27 Januari 2020

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Kawasan Daulasi Dihantam Abrasi

Kawasan Daulasi Dihantam Abrasi

Diposting pada 04/12/2019, 14:03 WIT
ABRASI:Kondisi bibir pantai Daulasi yang dihantam abrasi mulai melebar hingga ke bahu jalan.
ABRASI:Kondisi bibir pantai Daulasi yang dihantam abrasi mulai melebar hingga ke bahu jalan.

TERNATE-Ancaman abrasi yang terus melanda kawasan Daulasi kelurahan Tafure kian memprihatinkan. Senin malam kemarin, tumpukan material seperti sampah hingga batu tampak memenuhi bahu jalan akibat gelombang tinggi. Kondisi di ruas jalan  lingkungan RT 02 ini memang sudah lama setiap kali cuaca ekstrim. Ini karena tidak ada talud penahan ombak yang dibangun secara memadai. Warga di lingkungan ini juga kerap mengeluh. Hanya saja, keluhan warga hingga saat ini diabaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

Berdasarkan pantauan Selasa (3/12), air laut yang naik hingga ke ruas jalan menyisakan material seperti batu kerikil hingga sampah terlihat berhamburan dijalan. Hal ini lantas mengganggu aktivitas lalulintas di jalur tersebut. Tidak hanya itu, hantaman ombak akibat abrasi juga membuat bibir pantai yang hanya dipenuhi tumpukan batu berukuran besar, ambruk dan menyisakan lubang dengan diamter mencapai 7 meter. "Sudah harus dibangun talud sehingga tidak lagi terjadi abrasi. Kalau tidak, setiap kali gelombang tinggi, abrasi akan terus terjadi,"aku Mahdi, salah seorang pengendara yang kerap melintas dikawasan tersebut.

Menyikapi ini, M. Rizal selaku lurah Tafure mengaku kalau pihaknya sudah berulang kali mengusulkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar di sepanjang bibir pantai Daulasi, tepatnya lingkungan RT 02, dibangun talud penahan ombak. "Kami sudah usulkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2917, 2018 hingga 2019 namun belum juga diakomodir,"aku lurah dengan nada kesal. Karena itu, dirinya berjanji untuk berkoordinasi kembali dengan BPBD. "Kami berharap ancaman abrasi ini direspon dinas terkait,"harapnya. Terpisah, hal senada juga ikut disampaikan camat Ternate Utara, Zulkifli. "Sudah diusulkan dalam Musrenbang tingkat kecamatan tetapi belum ditindaklanjuti. Namun, kami akan berupaya untuk berkoordinasi kembali dengan dinas terkait,"janji camat, menutup.(mg-03/aji)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan