Rabu, 29 Januari 2020

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / BPJamsostek Gelar Sosialisasi Jaminan Sosial

BPJamsostek Gelar Sosialisasi Jaminan Sosial

Diposting pada 04/12/2019, 14:00 WIT
SOSIALISASI: Kegiatan sosialisasi yang berlangsung kemarin. ft bambang/malut post
SOSIALISASI: Kegiatan sosialisasi yang berlangsung kemarin. ft bambang/malut post

TERNATE - BPJamsostek (BPJS Ketenagakerjaan, red) Ternate, menggelar sosialisasi jaminan sosial ketenagakerjaan bagi industri kecil menengah (IKM) dan pedagang pasar se-Kota Ternate.
Kegiatan yang berlangsung di Ternate Wonder Island (Waterboom) kemarin (3/12), bekerjasama dengan  Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Ternate Kepada BPJamsostek Kota Ternate Khosman Hidayat mengatakan, BPJamsostek tidak hanya memberikan perlindungan kepada tenaga kerja yang hanya bekerja di perusahaan akan tetapi di seluruh sektor, misalnya pekerja informal. Dia mencontohkan di Ternate banyak pekerja bidang IKM, pedagang di pasar, nelayan, petani, juga masuk dalam perlindungan BPJamsostek, apabila mereka menjadi peserta. Ini karena pekerjaan mereka juga berisiko, bisa terkena musibah saat beraktivitas. “Syarat mendaftar pekerja sektor informal cukup dengan menggunakan KTP, dan membayar jaminan setiap bulan sebesar Rp16.800,” jelasnya.

Dia menuturkan manfaat yang diterima cukup besar.  Misalnya kalau ada meninggal bukan karena kecelakaan akan tetapi karena meninggal sakit,  mendapatkan Rp 24 juta, kalau ada yang meninggal karena kecelakaan mendapat Rp 48 Juta. Jika menjadi peserta BPJamsostek, mengalami kecelakaan bisa mendapatkan pelayanan gratis di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJamsostek. Antara lain RSUD Chasan Boesoerie, RS Tentara, dan Prima Mangga Dua, semuanya di Ternate Jika peserta menjalani perawatan maka setiap bulannya mendapat bantuan Rp 1 juta selama enam bulan. memasuki bulan ketujuh dan seterusnya, bantuannya turun menjadi Rp 750 ribu.  Karena itu dia meminta pekerja informal untuk mendaftar menjadi peserta BPJamsostek, terutama yang sudah berkeluarga juga mendaftarkan keluarganya.

Kadis Perindag Kota Ternate Nuryadin A. Rahman mengatakan mereka bekerjasama dengan BPJamsostek agar perusahaan termasuk IKM maupun perorangan mengikuti program jaminan sosial, karena itu sesuai UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. “Semoga dengan kegiatan ini kita bisa menjadi mitra kerja bersama,” harap Nuryadin. (mg-06/pn/onk).

Share
Berita Terkait

Tiket Mahal, Penumpang Pesawat Turun

16/04/2019, 12:33 WIT

Ultah ke-56, Taspen Cegah Stunting

12/04/2019, 08:58 WIT

Basuki: Jangan Ambil Kerang

18/04/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan