Rabu, 29 Januari 2020

 Headline
MALUT POST / POLITIK / Dukcapil Terbitkan Dokumen Kependudukan ke Suku Terasing

Dukcapil Terbitkan Dokumen Kependudukan ke Suku Terasing

Diposting pada 04/12/2019, 14:07 WIT
Suasana penerbitan dokumen kependudukan secara gratis ke suku dalam di Dusun Tukur-Tukur, Desa Dodaga dan Desa Tututing Kecamatan Wasile Timur, Haltim, baru-baru ini
Suasana penerbitan dokumen kependudukan secara gratis ke suku dalam di Dusun Tukur-Tukur, Desa Dodaga dan Desa Tututing Kecamatan Wasile Timur, Haltim, baru-baru ini

SOFIFI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Maluku Utara (Malut), Senin (2/12) menggelar kegiatan fasilitasi penerbitan dokumen kependudukan dan suku bagi suku terasing di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), di Dusun Tukur-Tukur, Desa Dodaga, Kecamatan Wasile Timur Baringin Jaya Desa Tututing Kecamatan Wasile Timur Haltim.

 

Kegiatan yang melibatkan Dukcapil Haltim ini berlangsung sejak tanggal 1 sampai 3 Desember 2019. Menurut Kadis Dukcapil Malut, Burhan Mansur, pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan yang menyebutkan kewajiban stelsel aktif  kepada Dukcapil untuk melakukan pelayanan penjemputan bola kepada masyarakat. "Tugas negara sesuai UUD adalah memberikan perlindungan hukum kepada seluruh WNI Penduduk Indonesia dengan memberikan Dokumen Kependudukan secara cepat, akurat, lengkap dan  gratis. Negara harus hadiri sampai ke pintu-pintu rumah untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan," katanya, kemarin (3/12).

Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk melayani dan memberikan dokumen kependudukan secara ‘gratis terhadap masyarakat atau Suku Terpencil di Pedalaman yang mengalami kesulitan jangkauan karena letak geografis yang jauh. "Pelayanan penerbitan dokumen kependudukan ini dilaksanakan pada Suku terasing berupa penerbitan Dokumen Kependudukan meliputi Biodata Penduduk, KK, KTP-el, KIA dan Akta serta surat keterangan," jelasnya. (cr-01/pn/jfr)
 

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan