Rabu, 29 Januari 2020

 Headline
MALUT POST / / Peminat CPNS Menurun

Peminat CPNS Menurun

Diposting pada 06/12/2019, 14:32 WIT
Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS

TIDORE - Animo masyarakat terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) kali ini sedikit menurun. Bagaimana tidak, dari sekian formasi yang diterima, pelamarnya hanya sedikit. Bahkan satu formasi tidak ada pelamarnya. Formasi ini pun hangus lantaran penutupan pendaftaran tidak lagi diperpanjang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tikep, Sura Husain, mengatakan bahwa pelamar CPNS pada sejumlah formasi sangat minim. Dokter gigi, misalkan, yang diminta satu orang, pelamarnya pun hanya satu orang. Bahkan ada satu formasi yang kosong, yakni analisis data dan informasi, dengan pendidikan komputer manajemen informatika. "Kuotanya satu orang, namun tidak ada pelamar. Jadi hangus," katanya, saat dikonfirmasi, kemarin (5/12).

Selain dokter gigi dan analisis informasi yang minim peminat, juga formasi fisioterapi yang hanya satu pelamar dari satu kuota. Formasi pemeriksa lalulintas darat dengan kuota satu orang, sementara pelamarnya hanya dua orang.

Menurut Sura, formasi yang paling banyak pelamarnya adalah guru sekolah dasar (PGSD) dengan kuota 21 orang, pelamarnya 225. Kemudian guru penjas, dengan kuota 17 orang, pelamarnya 185 orang. Total peserta yang mendaftar sebanyak 1143, namun setelah diverifikasi berkasnya, 45 diantaranya dinyatakan gugur. Mereka yang dinyatakan gugur ini lantaran formasi yang dilamar, tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dan juga berkasnya tidak lengkap. "Karena ini sistemnya. Jadi nanti pada saat pengumuman berkas pertengahan Desember secara resmi nanti, 45 orang yang gugur ini bisa mengajukan sanggahan selama tiga hari. Bisa jadi Admin yang keliru atau sebaliknya. Jika selama waktu tiga hari ini tidak mengajukan sanggahan, maka dianggap menerima hasil itu," jelasnya.

Dikatakan Sura, pelamar CPNS ini banyak juga dari luar Maluku Utara yang mendaftar yakni Bekasi, Jawa Barat. Meski dari luar, Sura memastikan tidak ada masalah, selama masih memenuhi syarat dan apabila lulus nanti akan diikat dengan perjanjian kerja. (cr-03/lex)

 

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Peminat CPNS Menurun

06/12/2019, 14:32 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan