Rabu, 29 Januari 2020

 Headline
MALUT POST / / Harita Bakal Pindahkan Warga Kawasi dari Desa

Harita Bakal Pindahkan Warga Kawasi dari Desa

Diposting pada 06/12/2019, 14:31 WIT
AREAL TAMBANG: Kawasan penambangan PT Harita Grurp di Desa Kawasi, Pulau Obi
AREAL TAMBANG: Kawasan penambangan PT Harita Grurp di Desa Kawasi, Pulau Obi

TERNATE – Lahan yang dikuasai PT Harita Grup di Pulau Obi, Desa Kawasi Halmahera Selatan, dipastikan akan terus bertambah. Bila sebelumnya, hanya lahan perkebunan warga Desa Kawasi, yang dikuasai dan saat ini telah menjadi areal penambangan nikel. Kini, Desa yang didiami warga itu, juga bakal dikuasai pihak Harita. Hal ini seiring dengan rencana PT Harita Grup memindahkan warga Kawasi dari kampungnya.  

    Warga yang akan direlokasi dipastikan tak bisa berbuat banyak. Pasalnya, pabrik PT Harita yang baru dibangun, lokasinya kian dekat dengan pemukiman warga.

    Ini menyebabkan dampak dari proses pekerjaan pabrik, tak bisa dihindari. Pilihan terbaiknya, warga harus rela meninggalkan Desa yang selama ini telah mereka diami.   

 
    Head of Ekstern PT Harita, Stevi Thomas dalam pertemuan dengan wartawan, Kamis (5/11) mengatakan, ada dua hal yang menjadi alasan PT Harita mengambil langkah me-relokasi warga dari Desa Kawasi. Pertama, Desa Kawasi sangat dekat dengan  pabrik yang baru dibangun. Kedua, setelah berkoordinasi  

dengan pemerintah kabupaten ternyata daerah tersebut masuk zona merah, rawan gempa. Bila terjadi di laut sangat berpotensi terjadi Tsunami. “ Karena itu kami berencana memindahkan warga ke tempat yang lebih layak dengan ketinggian di atas 15 meter dari permukaan laut. Sekarang ini posisi Desa Kawasi rata dengan permukaan laut atau nol meter di atas permukaan laut. Informasi yang saya terima warga di Kawasi juga sudah menyetujui rencana relokasi tersebut,” klaimnya.

    Menurut dia, konsep yang disiapkan saat relokasi nanti, rumah diganti dengan rumah. Model yang dibuat sama, dengan luasan yang memadai. Di Kawasi, kata dia, ada 147 rumah yang tipenya mirip-mirip. “ Warga banyak yang punya rumah, semi permanen dan tidak permanen tapi yang kita ganti nanti dengan rumah permanen,” terangnya.

    Selain rumah, dalam kawasan pemukiman yang baru nanti, dia mengaku Harita juga akan membangun masjid, gereja, sekolah mulai PAUD hingga SAM serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. “ termasuk pos polisi dan TNI,” pungkasnya. (rul)
 

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan